Selasa, 13 November 2012

Apa Itu Black December ?


Bagi pemain HYIP lama, istilah Black December pasti sudah tidak asing lagi. Ya, sesuai nama dan kondisinya, Black December adalah kondisi dimana banyak program HYIP yang kolaps, scam, atau apapun istilahnya. Kapan terjadi? Ya, Desember waktunya. Namanya juga Black December.

Apa yang menyebabkan terjadinya Black December?
Ada 2 faktor penyebabnya, pertama adalah investornya, dan kedua, adalah admin HYIP-nya. Seperti yang kita ketahui, suatu program HYIP dapat berjalan karena 2 sisi tersebut. Kita lihat berikut ini :
Sisi Investor
Investor cenderung menggunakan uangnya untuk liburan. Kita lihat waktunya, Desember banyak dimanfaatkan orang untuk liburan, intinya mereka menggunakan dan menghabiskan uang tabungannya. Tentunya yang memang dialokasikan untuk itu. Ada libur Natal, libur akhir tahun, maupun libur tahun baru. Apapun judulnya, intinya sama, LIBURAN. Lebih baik menggunakan uang yang dimiliki untuk liburan dari pada untuk investasi. Imbasnya, cashflow suatu program HYIP tidak berjalan mulus. Akibatnya, program HYIP tidak ada pemasukan untuk membayar profit investor. Hasil akhirnya, program HYIP kolaps / tutup / scam.
Sisi Admin Program HYIP
Admin juga manusia. Memangnya yang perlu liburan investor doang? Yup, kalau admin liburan, mereka juga perlu uang. Uang dari mana? Ya, uang dari investor yang didepositkan. Tidak perlu banyak sebab akibat, jika admin ingin tutup program HYIP-nya, terjadilah. Efeknya buat investor adalah panik. Jika investor panik, ya mending liburan saja. Kalau investor liburan, ya lihat kembali ke atas (Sisi Investor). :D

Lalu, apakah industri HYIP akan vakum pada periode Black December? 
Saya rasa tidak, industri HYIP akan tetap berjalan. Hanya saja dengan beberapa catatan. Pilih program yang benar-benar layak dan sesuai dengan kriteria maupun pertimbangan kita. Hati-hati melangkah. Cari informasi dari berbagai sumber terpercaya (walaupun jangan percaya sepenuhnya).

Sampai kapan periode Black December berakhir?
Dari pengalaman para pakar dan veteran HYIP, periode Black December biasanya berakhir pada akhir Januari. Hal tersebut memang bukan suatu perhitungan eksak, tetapi atas dasar pengalaman mereka saja. Walaupun kita sendiri tidak mempunyai pengalaman tersebut, atau tidak memperhatikan fenomena tersebut, ada baiknya kita harus lebih hati-hati dalam berinvestasi. Jika kita mau bersabar, tunggu saja sampai dengan awal Februari.


7 komentar:

  1. Nice post mas pakde gan. Banyak ilmunya disini. Moga moga nemu $$$ juga disini. :D

    BalasHapus
  2. Haha... Semoga beruntung om... :D

    BalasHapus
  3. kalau ini masuk kategori hyip enggak ya???
    https://uinvest.com.ua/component/investprojects/?amigosid=4662&task=invest&id=64

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi saya sama saja mas, hanya saja kemasannya yang berbeda.

      Hapus
  4. My pleasure to get truely nice and helpful information here about debt.
    Loans for Bad Credit

    BalasHapus
  5. liburan dulu, nikmati untungnya. Januari mulai action lagi

    BalasHapus